Merawat Burung Kenari Muda Agar Kicauannya Nyaring

Posted by Unknown Tuesday 16 September 2014 0 komentar

Hadoooohhh repotnya punya peliharaan baru, capek-capek pulang kerja gak malah istirahat malah keluar kota buat ambil burung, gak cuma satu bos, langsung 2 burung dibawa pulang.

Yups gambar di atas adalah burung kenari yang berhasil aku bawa pulang (gratis bro, dikasih hahahaha) masih muda dan belum genap satu bulan umurnya.

apa itu burung kenari??

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.
Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.
Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu. (sumber: wikipedia)

Burung jenis ini mudah beradaptasi dan jenis burung peniru, mumpung masih muda coba carikan masteran-masteran suara kenari (bisa download di sini) biar suaranya bisa tiru-tiru masternya dan juga dia bisa berimprovisasi sendiri setelah dengar masterannya (kayak Idol bro hahahaha).  Nih ada contoh kicauan juara nasional download.

Selain itu, aku akan mencoba memberi tips untuk kenari-kenari anda yang mau dijadikan master kicau, ceck this out:
- Jangan lupa dimandiin pagi sore, pakai spray halus luw ya, jangan di guyur kayak emakmu bangunin kamu. baiknya pagi sekitar jam 7-8 dan sore sekitar jam 3-5.
- bersihkan kandangnya harian, burung ini mudah stress.
- angin-anginkan dan kenakan sinar matahari pagi biar sehat, itung-itung olahraga dan penyerapan vitamin D.
- jangan lupa kontrol makanan sama minuman. nih pakan2 kenari yang beredar luas di pasar:
  - canary seed
  - kroto
  - Perpaduan Kuning Telur Puyuh Rebus, Madu dan Mentega (dihaluskan), dimaksudkan agar kenarimu berkicau  dengan merdu sebaiknya diberikan seminggu sekali saja, jangan tiap hari, kamu aja belum tentu makan telur tiap  hari kok hahahaha.
  - Sayur-sayuran, lebih utama gambas, sawi putih, kubis, dan lain-lain (sebaiknya gonta-ganti biar gak bosen  burungnya).
  - Buah-buahan SUPER :
    - Apel -> Buat burung untuk persiapan lomba.
    - Mentimun -> buat burung yang lagi brahi.
    - Asinan -> harus ada selalu di sangkar luw ya, ni burung lidahnya sensitif.
    - Peer -> kalo males minum ni buah bisa menyegarkan tenggorokan.
- atu lagi tipsnya, krubuti sangkar pada malam hari agar tidak bentol-bentol di gigit nyamuk.

Semoga ini tips bermanfaat, maaf bila salah, sama-sama belajar nih :).




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Merawat Burung Kenari Muda Agar Kicauannya Nyaring
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://anggana22.blogspot.com/2014/09/merawat-burung-kenari-muda-agar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Anggana22.blogspot.com.